3 January 20190 Komentar | Dilihat : 284 kali
Ditulis oleh admin
Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Jenu, Tuban Bumi Wali The Spirit Of Harmony saat studi tiru di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. (Foto: Humas Kecamatan Jenu For TIMESIndonesia)

JENU – TPID (Tim Pelaksana Inovasi Desa) Kecamatan Jenu, Tuban Bumi Wali The Spirit Of Harmony akan meniru pengembangan Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta, dalam pengelolaan wisata, koperasi dan BUMDes.

Guna menuwujudkan tujuan tersebut, 30 orang tim TPID dan 17 BUMDes se Kecamatan jenu melaksanakan Study Tiru dan Replikasi di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul Yogyakarta.

Hal itu dilakukan sebagai upaya pengembangan desa di Kecamatan Jenu agar semakin berkembang dan maju, baik dari sektor pengelolaan wisata, koperasi maupun BUMDes.

"Kegiatan ini tindak lanjut bursa inovasi desa yang telah dilakukan di Pendopo pada November lalu," kata Ketua TPID Kecamatan Jenu, Imron. Rabu, (02/01/2019).

Setelah kegiatan studi tiru dan Replikasi tersebut, diharapkan TPID Jenu bisa meniru kegiatan pengembangan desa bejiharjo. Kegiatan pengembangan usaha di desa wisata itu bisa diaplikasikan di masing-masing Desa di Kecamatan Jenu.

"Alasan kita pilih Bejiharjo, karena disini banyak sekali unit usaha yang dikembangkan, seperti Bank Desa, Bank Sampah, Persewaan, simpan pinjam dan wisata," beber Imron.

Sementara itu, Camat Jenu, Moh. Maftuchin Riza, paska kunjungan itu, berharap tim TPID dan Pendamping desa dapat segera berkolaborasi untuk menggali setiap potensi di masing-masing desa.

"Keinginan kita ilmu yang sudah didapat dari study banding ini bisa diaplikasikan ditingkat desa dan BUMDes. Terlebih karena potensi desa di Jenu ini bagus untuk dikembangkan," pungkasnya.

Diharapkan TPID Kecamatan JenuTuban Bumi Wali The Spirit Of Harmony mampu mengaplikasikan apa yang sudah didapat dalam studi tiru dan Replikasi di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul Yogyakarta.(*)

Jurnalis : Achmad Choirudin (MG-62)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Tuban
Kategori
Tag
comments powered by Disqus